Layanan Mediasi dalam Bimbingan dan Konseling

11 November 2011 Aryza Handycraft

PENGERTIAN

Mediasi berasal dari kata “media” yang artinya perantara atau penghubung. Layanan mediasi adalah layanan yang dilaksanakan oleh konselor terhadap dua pihak atau lebih yang sedang mengalami keadaan tidak harmonis (tidak cocok).

TUJUAN

UMUM: tercapainya kondisi hubungan yang positif dan kondusif diantara para klien, yaitu pihak-pihak yang berselisih.

KHUSUS: difokuskan kepada perubahan atau kondisi awal menjadi kondisi baru dalam hubungan antara pihak-pihak yang bermasalah.

KONDISI AWAL ANTARA KEDUA BELAH PIHAK

KONDISI YANG DIKEHENDAKI

Rasa bermusuhan terhadap pihak lain

Ada perbedaan kesenjangan dinbanding pihak lain

Sikap menjauhi pihak lain

Sikap mau menang sendiri terhadap pihak lain

Sikap ingin membalas

Sikap kasar dan negative

Sikap mau benar sendiri

Rasa damai terhadap pihak lain

Adanya persamaan dengan pihak lain

Sikap mendekati pihak lain

Sikap mau memberi dan menerima terhadap pihak lain

Sikap memaafkan

Sikap lembut dan positif

Sikap mau memahami

KOMPONEN

Konselor

Adalah seorang memahami permasalahan yang terjadi antara pihak yang bermaslaah dan berusaha membangun jembatan antara pihak yang bermasalah tersebut.

Klien

Klien terdiri dari dua pihak atau lebih yang sedang mengalami ketidakcocokan dan sepakat meminta bantuan konselor untuk menangani permasalahan itu.

Masalah klien

Adalah masalah hubungan yang terjadi antara individu atau kelompok yang sedang bertikai dan meminta konselor untuk mengatasinya.

ASAS

Kerahasiaan

Keterbukaan

Kesukarelaan

Kekinian

Kemandirian

PENDEKATAN DAN TEKNIK

Saya “oke” kamu “oke”

Kondisi hubungan yang efektif dan kondusif.

Komunikasi secara dewasa

Berbicara apa adanya, secara lugas, tanpa mengkritik, menuntut da memerintah apalagi menghukum.

Pendekatan komprehensif.

Pendekatan realistic, bermoral dan bertanggungjawab

Teknik umum:

Penerimaan terhadap klien dan posisi duduk

Penstrukturan

Ajakan untuk berbicara

Taknik lainnya: kontak mata, kontak psikologis, dorongan minimal dan 3M.

Keruntutan, refleksi dan pertanyaan terbuka.

Penyimpulan, penafisran dan konfrontasi, transferensi dan kontra-transferensi, frustasian

Teknik khusus lainnya: pemberian informasi dan contoh pribadi, perumusan tujuan, pemberian contoh dan latihan keluguan, permainan peran, pemberian nasehat, kontrak,

Pendekatan politik

Waktu dan tempat diselenggarakan dengan netral (tidak memihak pada salah satu pihak).

Laiseg, laijapen dan laijapan.

OPERASIONALISASI

Perencanaan

Identifikasi pihak-pihak yang akan menjadi peserta layanan MED, mengatur pertemuan denganpeserta layanan, menetapkan fasilitas layanan dan menyiapkan kelengkapan administrasi.

Pelaksanaan

Menerima pihak-pihak yang menjadi peserta layanan, melaksanakan penstrukturan layanan MED, membahas masalah yang dirasakan oleh pihak-pihak, menyelenggarakan pengubahan tingkahlaku pihak-pihak, membina komitmen demi hubungan baik dan melakukan penilaian segera.

Evaluasi

Melakukan evaluasi segera dan jangka pendek, tentang pelaksanaan hasil-hasil MED, khususnya menyangkut pihak-pihak.

Analisis hasil evaluasi

Menafsirkan hasil evaluasi dan kaitannya dengan ketuntasan penyelesaian masalah yang dialami pihak-pihak yang mengikuti layanan MED.

Tindak lanjut

Menyelenggarakan layanan MED lanjutan untuk membicarakan hasil evaluasi dan memantapkan upaya perdamaian antara pihak-pihak.

Pelaporan

Membicarakan laporan yang diperlukan oleh pihak-pihak peserta layanan dan mendokumentasikan laporan layanan

Referensi :

http://konselingindonesia.com/index.php?option=com_content&task=view&id=25&Itemid=46

About these ads

Entry Filed under: Uncategorized

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Search

Aryza Handycraft

Cover Buku Diriku

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya.

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Kalender

November 2011
S S R K J S M
    Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Bros Cantik

Uncategorized

Pos-pos Terakhir

Arsip

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: